ID   EN

SOSIALISASI E-RESOURCES UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI CIVITAS UMB

Peserta Sosialisasi E-Resource Civitas UMB

Sosialisasi E-Resources merupakan salah satu kegiatan rutin perpustakaan yang diselenggarakan tiap semester. Kegiatan sosialisasi kali ini dilaksanakan pada Selasa, 13 Agustus 2019 di Ruang T003 yang berada di Laboratorium Komputer Pusat di Gedung Tower Lantai Ground. Peserta sosialisasi antara lain Mahasiswa dan Dosen yang merupakan perwakilan dari prodi-prodi yang ada di UMB. Dalam sambutannya Kepala Biro Perpustakaan UMB Bapak M. Arif Budiyanto, S.Kom, M.Hum., menyampaikan bahwa acara kali ini mengambil tema “Sosialisasi E-resource dalam rangka meningkatkan Literasi Informasi civitas akademika UMB”. Lanjut beliau Materi yg akan disampaikan pada sosialisasi kali ini adalah E-Resources yang dilanggan oleh UMB antara lain ejournal Proquest, IEEE Xplore dan ebook Central atau ebrary, dan juga ada sesi penyampaian materi mengenai repository UMB. Selain itu juga diperkenalkan sumber-sumber e-resource lainnya yang dilanggan oleh UMB.
Tujuan kegiatan ini adalah sesuai dengan tema untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi civitas UMB kaitannya dalam menelusur dan mencari informasi yang cepat, tepat dan sesuai dengan kebutuhan para pengguna. Selain juga juga dalam rangka mendukung tri darma perguruan tinggi, terutama dalam pengajaran dan penelitian baik bagi dosen maupun mahasiswa. Menutup sambutannya Kepala Biro Perpustakaan UMB berharap semoga para peserta sosialisasi kali ini mendapatkan manfaat dan pengetahuan yang berguna kaitannya dalam riset dan pengajaran di UMB.

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Bapak Nandana yang merupakan Sales dan Technical Support PT Jasaraya Tama Jaya Buana yang menyampaikan materi Sosialisasi ejournal Proquest, IEEE Xplore dan ebook Central atau ebrary. Selain itu ada pemateri lain yaitu Bapak M. Arif Budiyanto, S.Kom, M.Hum., yang menyampaikan materi sosialisasi Repositori UMB dan beberapa sumber informasi lain seperti Rama Repositori dan Garuda yang merupakan rujukan informasi yang disediakan oleh Ristek Dikti. Selain itu beliau juga menjelaskan beberapa sumber informasi e-resource lainnya seperti: ejournal Ebsco, ejournal Gale Cengage dan ebook Cambridge.

Sambutan KaBiro Perpustakaan

Dalam kegiatan kali ini panitia menyediakan materi sosialisasi yang tersedia secara online sehingga para peserta bisa mengunduhnya pada link tertentu yang sudah disampaikan kepada para peserta saat registrasi. Selain itu sebagai bahan evaluasi panitia mengharapkan respon, komentar dan masukkan dari para peserta melalui kuesioner yang sudah tersedia secara online melalui media googleform. Selanjutnya hasil dari evaluasi ini menjadi bahan masukkan dan perbaikan untuk penyelenggaraan kegiatan selanjutnya.

Kegiatan literasi informasi ini menjadi bagian program perpustakaan setiap tahunnya dan akan terus berkembang dalam mensosialisasikannya karena ilmu pengetahuan akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya industri. (penulis: Danang Nur Cahyadi / editor: Priyo Raharjo / Biro Perpustakaan UMB/ http://lib.mercubuana.ac.id)

Next Post Previous Post