ID   EN

Jenis layanan perpustakaan yang disediakan meliputi :

  • Sirkulasi
    Merupakan layanan yang peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan berupa buku, jurnal, maupun koleksi CD buku. Jumlah dan jangka waktu pinjaman berdasar tata tertib perpustakan.

  • Referensi
    Merupakan layanan yang diberikan oleh pustakawan referensi untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka (secara pribadi, melalui telepon atau elektronik) berupa:
    1. Tidak terbatas untuk menjawab pertanyaan substantif,
    2. Memberikan bimbingan kepada pemustaka dalam menyeleksi informasi,
    3. Menggunakan alat-alat dan strategi penelusuran yang sesuai untuk menemukan informasi,
    4. Melakukan penelusuran dalam rangka memenuhi kebutuhan pemustaka,
    5. Mengarahkan pemustaka ke sumber daya perpustakaan,
    6. Membantu dalam evaluasi informasi,
      Layanan Referensi berada di Lantai 6 Gd Tower UMB
      Telp. 021-5840816 ext. 3111 email : layanan.perpustakaan@mercubuana.ac.id

  • Layanan History dan Status Pinjaman
    Memudahkan pemustaka untuk mengetahui riwayat pinjaman dan status pinjaman yang belum dikembalikan, perpustakaan menyediakan layanan ini melalui OPAC (Online Public Access Catalogue)
  • Layanan Usulan Koleksi dari Pemustaka
    Pemustaka dapat memberikan usulan buku yang ingin diadakan di perpustakaan dengan cara mengisi form usulan buku secara online melalui OPAC (Online Public Access Catalogue)
  • Layanan Baca Ditempat
    Merupakan layanan peminjaman buku untuk dibaca di tempat atau di Perpustakaan Universitas Mercu Buana. Untuk pemustaka non UMB dapat menggunakan layanan baca di tempat karena tidak diberikan layanan pinjam untuk dibawa pulang.

  • Layanan Penelusuran
    Merupakan layanan kepada pemustaka untuk membantu mencari informasi berupa koleksi buku, tugas akhir, artikel ilmiah yang tersedia di perpustakaan. Informasi ini meliputi ketersediaan koleksi, status koleksi saat ini, dan lokasi koleksi. Perpustakaan Universitas Mercu Buana memberikan layanan informasi dan bantuan penelusuran koleksi.

  • Layanan Repository
    Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perpustakaan memberikan layanan ini untuk memudahkan civitas akademika Universitas Mercu Buana mengakses koleksi lokal konten termasuk skripsi, tesis, laporan penelitian, laporan kerja praktek dan tugas akhir lainnya yang bisa diakses melalui website selama 24 jam dalam format digital (PDF) dan fulltext secara online melalui URL Repository Universitas Mercu Buana Jakarta

  • Literasi informasi
    Perpustakaan memberikan pengetahuan kepada pemustaka melalui kegiatan meningkatkan kemampuan pemustaka untuk mengenali kebutuhan informasi yang diperlukan mengenal sumber daya perpustakaan yang tersedia dan pengetahuan terhadap teknik-teknik penelusuran yang biasa digunakan. Kegiatan ini mencakup pula kegiatan untuk meningkatkan kemampuan pemustaka dalam memenuhi informasi yang dibutuhkan dengan mengevaluasi secara kritis cakupan (isi) informasi dan menggunakannya secara efektif.

  • Penyediaan Dokumen
    Perpustakaan menyediakan dokumen ke pemustaka seperti cetak artikel jurnal atau artikel majalah, dan juga dengan penyediaan dokumen khususnya artikel jurnal online melalui email layanan.perpustakaan@mercubuana.ac.id yang dikirim pustakawan kepada pemustaka.
  • Layanan Ekstensi
    1. Layanan Non UMB
      Perpustakaan Universitas Mercu Buana melakukan layanan ekstensi yaitu dengan memberikan layanan pemustaka di luar civitas akademika atau pemustaka non UMB. Hal tersebut sudah tercantum dalam tata tertib perpustakaan.
    2. Sosialisasi E-Resources
      Dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan koleksi perpustakaan melakukan secara periodik sosialisasi penggunaan koleksi kepada pemustaka UMB meliputi mahasiswa, tenaga kependidikan dan juga dosen.