ID   EN

Biro Perpustakaan Universitas Mercu Buana (UMB) mengadakan Webinar Literasi Informasi dengan tema “Workshop dan Pelatihan Akses E-Resource Perpustakaan UMB: E-Journal Proquest, Proquest E-Book Central dan E-Journal Gale Cengage” pada 21 Desember 2023 melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini merupakan webinar literasi informasi yang kedua kalinya dilaksanakan pada tahun akademik 2023/2024. Webinar ini diikuti oleh 982 peserta yang terdiri dari 963 mahasiswa dan 19 dosen. Peserta berasal dari seluruh kampus yang ada di UMB, yaitu kampus meruya, menteng, warung buncit dan kranggan. E-Journal dan E-Book Proquest merupakan database online yang berisikan berbagai bidang atau multidisiplin ilmu. E-Journal Proquest memuat lebih dari 7000 judul jurnal dan E-Book Proquest memliki lebih dari 230 ribu judul buku yang bisa unduh (download) secara fulltext dan bisa diakses selama 24 jam.

Webinar dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Pembelajaran dan Ristek, Dr. Erna Setiany, SE, M.Si. “Saya mengapresiasi sekali kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk support dalam Tridarma kita bukan hanya untuk pengajaran tapi juga untuk penelitian dan pengabdian sekarang juga harus berbasis riset. Berarti sumber – sumber keilmuan yang ada di perpustakaan harus lebih banyak lagi diakses oleh rekan – rekan mahasiswa dan bapak ibu dosen”, ujar Erna dalam sambutannya.

“Perpustakaan UMB sudah bekerja sama untuk berlangganan E-Journal Proquest selama lebih dari 10 tahun. Hal tersebut dikarenakan konten yang tersedia lengkap dan mencakup berbagai bidang disiplin ilmu, dan statistik akses yang relatif tinggi dari para mahasiswa dan dosen Universitas Mercu Buana. Sedangkan untuk Gale Cencage sendiri sudah berlangganan lebih dari 3 tahun”, terang Kepala Perpustakaan UMB, M. Arif Budiyanto, M.Hum dalam laporan dan sambutannya.

Terdapat pemaparan materi webinar oleh Ie Chiau yang merupakan perwakilan dari Proquest Indonesia yang menyampaikan bagaimana workshop cara akses dan download E-Journal dan E-Book Proquest dan Okkie S. Budiman, Marketing Executive Gale Cencage yang menyampaikan workshop dan pelatihan akses E-Journal Gale Cengage. Arif juga menjelaskan tujuan kegiatan ini yaitu untuk menyampaikan perihal pengetahuan dasar cara mengakses dan mendownload E-Journal dan E-Book Proquest yaitu bagaimana mengakses dengan mudah, menggunakan dan memanfaatkan secara tepat dan maksimal semua konten yang ada di E-Journal dan E-Book Proquest dan di E-Journal Gale Cancage.

“Yang kedua untuk meningkatkan jumlah akses dan download baik konten artikel di E-Journal maupun konten dalam E-Book, sehingga akan terus dilanggan dan bisa diakses oleh seluruh civitas Universitas Mercu Buana. Dan ketiga untuk memberikan rujukan konten-konten ilmiah baik dalam bidang pengajaran maupun penelitian dikalangan dosen dan mahasiswa, sehingga karya ilmiah yang dihasilkan lebih berbobot dan bermanfaat sesuai dengan tema atau topik yang sedang populer saat ini”, tambah Arif.

Webinar ini dipandu oleh moderator Amin Sujatmiko, S.IPust., peserta terlihat antusias dan serius mengikuti webinar. Hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti dan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada para pemateri sehingga terjadi diskusi yang menarik dan interaktif antara peserta dan pemateri. Webinar ditutup oleh M. Arif Budiyanto, S.Kom., M.Hum yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemateri dan partisipasi semua peserta yan telah mengikuti seluruh rangkaian acara webinar kali ini.

Webinar mendapat dukungan dari Biro Teknologi Informati (BTI) UMB dalam penyediaan link zoom dan support jaringan internet. Untuk publikasi dan liputan mendapat support dari Biro Humas UMB.

Kepanitiaan webinar diketuai oleh Danang Nur Cahyadi, SIP.,. Sekretaris: Sekar Mutiara Chaerunisa, S.IP, dan Sie Perlengkapan: Annas Tsabatullah, S.Hum, dan Moderator: Amin Sujatmiko, S.IPust. Semua panitia merupakan para pustakawan UMB.

Jika civitas akademika UMB kemarin tidak bisa mengikuti webinar dan ingin melihat rekamannya, bisa mengakses di youtube Perpustakaan UMB di laman berikut: https://www.youtube.com/watch?v=Kow-Z6tCosU&t=41s