ID   EN

Perpustakaan Universitas Mercu Buana (UMB) mengadakan webinar yang keenam pada tahun akademik 2022/2023 secara daring dengan tema “Workshop Pelatihan Aplikasi Mendeley dan Zotero Untuk Penyusunan Referensi Karya Ilmiah Dosen dan Mahasiswa” pada hari Kamis, 27 Juli 2023 lalu. “Tema ini akan menyampaikan pengetahuan dasar dan lengkap penggunaan aplikasi Mendeley dan Zotero tentang bagaimana mengakses menggunakan dan mengunduh artikel serta tips bagaimana submit artikel di Mendeley dan Zotero ”, jelas Kepala Biro Perpustakaan UMB, Muhammad Arif Budiyanto, M.Hum dalam sambutannya.

Arif menambahkan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin perpustakaan yang berkaitan dengan program literasi informasi kepada seluruh sivitas akademika Universitas Mercu Buana yaitu literasi informasi Workshop Pelatihan Aplikasi Mendeley dan Zotero. Secara umum, Mendeley dan Zotero merupakan aplikasi manajemen dokumen ilmiah. Fungsi dari dua aplikasi ini dapat dikelompokkan menjadi: mencari, menyimpan, mengelola, menemukan kembali, membuat kutipan dan daftar pustaka, berjejaring. Mendeley merupakan salah satu aplikasi wajib untuk mahasiswa, khususnya untuk mahasiswa yang sedang menulis artikel ilmiah, jurnal, maupun skripsi dan tesis. Aplikasi Mendeley dapat memudahkan pustakawan dan mahasiswa untuk mengelola artikel hasil penelusuran yang sudah diunduh (download), sehingga mengurangi ketergantungan kepada koneksi jaringan internet. Zotero sendiri merupakan aplikasi gratis yang berbasis Open Source. Bisa dipasang di komputer apapun: Windows, Linux, bahkan Mac-OS sekalipun. Aplikasi ini bisa menata sistem kutipan dan daftar pustaka kita. Baik Mendeley maupun Zotero, kedua software ini menggunakan fitur sync yang memudahkan penggunanya untuk mengakses referensi mereka dimanapun dan kapanpun selama ada akses internet.

Pada webinar kali ini menampilkan pemateri Bapak Sony Pawoko, S.Sos., M.T.I, Koordinator Repositori Institusi dan Otomasi Perpustakaan Universitas Indonesia. Tujuan Webinar Workshop yaitu: pertama Memperkenalkan aplikasi mendeley dan zotero kepada mahasiswa dan dosen agar tertarik untuk memanfaatkannya, kedua Mendorong mahasiswa dan dosen dalam membuat sitasi atau pun penulisan daftar pustaka dalam karya ilmiahnya seperti, makalah, jurnal, dan skripsi, ketiga memperkenalkan fungsi aplikasi mendeley dan zotero kepada mahasiswa, keempat Memperkenalkan manajemen referensi dalam penulisan skripsi untuk meminimalisasi terjadinya plagiasi, kelima Meningkatkan literasi informasi kepada mahasiswa dan dosen dalam mendapatkan informasi yang diperlukan sesuai dengan subjek penelitian dan penelitian terkini Untuk jumlah peserta yang registrasi kali ini ada 1.087 peserta, 1.058 mahasiswa dan 29 dosen. Untuk sebaran kampus Meruya 764 peserta, Kranggan 31 peserta, Warung Buncit 94 peserta dan Menteng 198 peserta. Dari target 1000 peserta yang mengikuti zoom meeting, tercatat sebanyak 700 peserta yang mengisi presensi kehadiran. Materi yang disampaikan dalam webinar workshop Pelatihan Aplikasi Mendeley dan Zotero Memperkenalkan aplikasi mendeley dan zotero dalam membuat sitasi atau pun penulisan daftar pustaka dalam karya ilmiah, membuat manajemen referensi serta Meningkatkan literasi informasi kepada mahasiswa dan dosen dalam mendapatkan informasi yang diperlukan sesuai dengan subjek penelitian dan penelitian terkini

Dengan dimoderatori Siti Maisyaroh, S.Hum para peserta terlihat antusias dan serius mengikuti webinar, hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang joint dan banyak pertanyaan yang disampaikan kepada para pemateri. sehingga terjadi diskusi yang menarik antara peserta dan pemateri. Webinar ditutup oleh Kepala Biro Perpustakaan yang menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi semua peserta dalam webinar kali ini.

Kepanitiaan webinar diketuai oleh Dede Muksin Lubis, S.IIP Sekretaris: Amin Sujatmiko, A.Md, dan Sie Perlengkapan: Anggitto Suryo Hadi, S.IP. dan Moderator: Siti Maisyaroh, S.Hum. Semua panitia merupakan para pustakawan UMB.

Jika civitas akademika UMB kemarin tidak bisa mengikuti webinar dan ingin melihat rekamannya bisa mengakses youtube Perpustakaan UMB di laman berikut: https://www.youtube.com/watch?v=4maXUZNbgH4