ID   EN

Perpustakaan Universitas Mercu Buana mengadakan kegiatan webinar literasi informasi yang diadakan pertama kali pada tahun akademik 2023/2024 pada 24 Oktober 2023. Adapun tema yang diusung pada webinar kali ini ialah “Pelatihan Akses Layanan dan Koleksi Perpustakaan Universitas Mercu Buana”, Kegiatan ini diselenggarakan secara online melalui link zoom meeting dan live streaming Youtube Perpustakaan Universitas Mercu Buana. Peserta yang mengikuti dan mengisi daftar hadir pada webinar ini sebanyak 924 peserta, baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa. Pada kata sambutannya, Wakil Rektor Pembelajaran dan Ristek Dr. Erna Setiany, SE, M.Si. menyampaikan kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat penting untuk kita ikuti. Perpustakaan ini adalah salah satu fasilitas yang kita banggakan. Mahasiswa seharusnya mulai bisa memanfaatkan fasilitas dan layanan perpustakaan sejak awal bergabung di Universitas Mercu Buana. “Jangan menunggu hampir mendekati lulus baru datang ke perpustakaan. Perpustakaan UMB sudah terakreditasi A, berarti ini menjadi salah satu perpustakaan terbaik yang bisa anda manfaatkan. Hal ini penting, karena kita sebagai bagian kaum terdidik perlu meningkatkan literasi. Nanti rekan mahasiswa akan dituntut untuk bisa menyampaikan banyak sekali kajian dan itu sumbernya dari perpustakaan, penulisan karya ilmiah dan skripsi juga begitu, semakin sering ke perpustakaan pasti akan cepet selesai”, jelas Erna dalam sambutannya membuka acara webinar.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana Webinar, Siti Maisyaroh, S.Hum, M.M. bahwa pelaksanaan webinar ini sebagai salah satu upaya meningkatkan eksistensi Perpustakaan Universitas Mercu Buana kepada civitas akademika dan sebagai upaya dalam meningkatkan kegiatan edukasi terkait pemanfaatan perpustakaan kepada civitas akademika UMB. “Dalam webinar ini, kami juga akan mengenalkan perpustakaan secara umum seperti jam layanan, tata tertib dan layanan apa saja yang ada di perpustakaan baik layanan offline maupun online. Jenis-jenis koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung perpustakaan, jelas Siti.

Pada Webinar kali ini menampilkan pemateri Muhammad Arif Budiyanto, S.Kom, M.Hum, Kepala Biro Perpustakaan UMB yang memaparkan cara akses layanan Perpustakaan Universitas Mercu Buana dan Nasrullah, S.IP yang memaparkan materi mengenai cara akses koleksi Perpustakaan Universitas Mercu Buana. Tujuan webinar kali ini adalah memperkenalkan perpustakaan Mercu Buana khususnya kepada mahasiswa baru, memperkenalkan layanan dan jasa kepada pengguna agar pengguna mendapatkan informasi yang jelas dan relevan, memperkenalkan koleksi yang ada di perpustakaan dan memberikan edukasi kepada mahasiswa tentang layanan dan koleksi di perpustakaan sehingga mereka dapat memaksimalkan fasilitas yang ada. Dengan adanya webinar ini diharapkan pengunjung perpustakaan semakin meningkat, terutama dari kalangan mahasiswa baru atau mahasiswa yang belum pernah berkunjung ke perpustakaan.

Selanjutnya, webinar ini dipandu oleh moderator Ahmad Fitri Sahroni, S.IP peserta terlihat antusias dan serius mengikuti webinar. Hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti dan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada para pemateri sehingga terjadi diskusi yang menarik antara peserta dan pemateri. Webinar ditutup oleh Ketua Pelaksana Webinar Siti Maisyaroh, S.Hum, M.M yang menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi semua peserta dalam webinar kali ini.

Kepanitiaan webinar diketuai oleh Siti Maisyaroh, S.Hum, M.M. Sekretaris: Andriyani, S.IP, dan Sie Perlengkapan: Sekar Mutiara Chaerunisa, S.IP, dan Moderator: Ahmad Fitri Sahroni, S.IP. Semua panitia merupakan para pustakawan UMB. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama yang baik antara Perpustakaan Universitas Mercu Buana dengan Biro Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana dalam penyediaan link zoom dan jaringan webinar beserta adminnya. Selain itu untuk mempublikasikan kegiatan ini perpustakaan juga menjalin kerja sama dengan Biro Humas Universitas Mercu Buana, sehingga webinar ini bisa dipublikasikan di web mercubuana dan Instagram Humas Universitas Mercu Buana.

Jika civitas akademika UMB hari ini tidak bisa mengikuti webinar dan ingin melihat rekamannya, bisa mengakses di youtube perpustakaan UMB di laman berikut: https://www.youtube.com/watch?v=mRy705Zh