ID   EN

KEGIATAN LITERASI INFORMASI DI MASA PANDEMI: KENALI KAMPUSMU KENALI PERPUSTAKAANMU

Komitmen Perpustakaan UMB melanjutkan Kegiatan literasi informasi di masa pandemi dengan menyelenggarakan webinar yang mengambil tema "Kenali Kampusmu Kenali Perpustakaanmu".

Awal tahun 2020 seharusnya menjadi awal semangat untuk menjadi lebih produktif tetapi semangat itu menjadi lesu karena adanya pandemi covid-19 yang menerjang hampir seluruh negara. Pandemi ini juga berimbas pada kegiatan-kegiatan Perpustakaan UMB yang sudah direncanakan pada tahun lalu. Layanan perpustakaan menjadi full online meskipun dengan berbagai kendala Perpustakaan UMB memiliki komitmen selalu memberikan layanan prima. Hal ini juga menjadi pemicu dalam kegiatan literasi informasi yang mundur dari penjadwalan sebelumnya. Bentuk pemaparan dan penyampainnya yang konvensionalnya tatap muka berubah menjadi online/daring yang dikemas dalam acara webinar.

Dalam kegiatan yang bertemakan “kenali kampusmu, kenali perpustakaanmu”, Perpustakaan UMB mengundang Dr. Rina Astini, MM selaku Direktur Pembelajaran UMB yang menjadi keynote speech dan sekaligus membuka acara webinar. Selain itu ada sambutan dari M. Arif Budiyanto, S.Kom., M.Hum selaku Kabiro Perpustakaan UMB yang menjadi penanggung jawab dalam kegiatan literasi informasi. Dalam sambutannya Direktur Pembelajaran sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mendukung adanya kegiatan webinar ini terus dilaksanakan walapun dalam kondisi pandemi saat ini. Beliau berharap kegiatan literasi informasi seperti ini terus berjalan dan bisa memberikan informasi-informasi penting yang sangat dibutuhkan mahasiswa saat ini.

Pemateri dan moderator adalah para pustakawan Perpustakaan UMB. Pematerinya adalah Amin Sujadmiko, S.I.Pust dan moderatornya adalah Danang Nur Cahyadi S.IP keduanya merupakan staf layanan sirkulasi di Perpustakaan UMB. Dalam kegitan ini peserta yang mengikuti kegiatan literasi informasi sebanyak 589 peserta yang semuanya adalah mahasiswa UMB yang memang masih semester awal atau disebut maba yang berasal dari seluruh kampus yang ada di UMB baik dari kampus pusat maupun dari kampus cabang. Kegiatan literasi informasi diselenggarakan pada tanggal 20 Oktober 2020 dengan menggunakan aplikasi zoom. (penulis: Danang Nur Cahyadi / editor: Arif / Biro Perpustakaan UMB / http://lib.mercubuana.ac.id)