ID   EN

Webinar Sosialisasi Pemanfaatan E-Journal dan E-Book Proquest diselenggarakan pada hari Kamis, 08 Desember 2022 secara online/daring melalui Zoom Meeting. Webinar di ikuti 750 peserta yang hadir terdiri mahasiswa dan dosen civitas serta berasal dari seluruh kampus baik di pusat maupun dari kampus cabang Universitas Mercu Buana. E-journal dan E-book Proquest merupakan database online yang berisikan berbagai bidang multidisiplin ilmu dan kurang lebih 2600 universitas di seluruh dunia dan 9000 penerbit bekerja sama dengan E-journal dan E-book Proquest.

Webinar kali ini dibawakan oleh MC dan Moderator Staf Perpustakaan UMB Tika Anggraeni, S.Hum. Webinar mengusung tema “Sosialisasi Pemanfaatan Ejournal dan Ebook Proquest”.

Webinar dibuka oleh Kepala Biro Perpustakaan UMB Muhammad Arif Budiyanto, S.Kom., M.Hum. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Perpustakaan Universitas Mercu Buana sudah bekerjasama untuk berlangganan E-journal Proquest selama lebih dari 10 tahun”. Hal tersebut dikarenakan konten yang tersedia lengkap dan mencakup berbagai bidang disiplin ilmu, dan statistik akses yang relative tinggi dari para mahasiswa dan dosen UMB. Selanjutnya Arif menyatakan tujuan kegiatan ini antara lain:

  1. Untuk menyampaikan perihal pengetahuan dasar cara mengakses dan mendownload ejournal dan ebook proquest yaitu bagaimana mengakses dengan mudah, menggunakan dan memanfaatkan secara tepat dan maksimal semua konten yang ada di Ejournal dan Ebook Proquest.
  2. Meningkatkan jumlah akses dan download baik konten artikel di ejournal maupun konten dalam ebook, sehingga akan terus dilanggan dan bisa diakses oleh seluruh civitas UMB.
  3. Memberikan rujukan konten-konten ilmiah baik dalam bidang pengajaran maupun penelitian dikalangan dosen dan mahasiswa, sehingga karya ilmiah yang dihasilkan lebih berbobot dan bermanfaat sesuai dengan tema atau topik yang sedang popular saat ini.

Adanya program sosialisasi Pemanfaatan E-Journal dan E-Book Proquest yang dilakukan Perpustakaan Universitas Mercu Buana diharapkan mampu menciptakan hasil penelitian yang berkualitas, meningkatkan literasi dan pemahaman civitas akademika terhadap informasi yang dapat dimanfaatkan secara lebih efektif dan efisien.

Pemateri dalam acara webinar ini yaitu Ibu Ie Chiau yang merupakan perwakilan dari Proquest Indonesia. Ie Chiau menjelaskan secara langsung bagaimana cara akses dan download E-Journal dan E-Book Proquest kepada para peserta. Interaksi antara pemateri dan peserta berjalan sangat baik banyak pertanyaan dan diskusi yang berlangsung interaktif. Lebih dari 10 pertanyaan yang di jawab oleh pemateri dan ada juga dibantu oleh Arif terkait kebijakan akses dan penyebaran user password akses ejournal dan ebook proquest kepada para peserta webinar.

Pada sesi akhir pemaparan materi Tika menyampaikan bahwa akses proquest ini sangat mudah dan banyak opsi pencarian artikel dan tersedia filter pencarian yang menjadikan pencarian lebih spesifik seperti yang diinginkan oleh pengguna dan bisa membuat akun untuk menyimpan informasi dan file yang diunduh dan mudah untuk ditemukan jika diperlukan suatu saat.

Kegiatan webinar ditutup oleh Arif dan sangat mengapresiasi partisipasi peserta yang demikian banyak dan tak lupa juga mengucapkan terima kasih pada pemateri webinar kali ini Ibu Ie Chiau dan para panitia webinar.

Kepanitian kegiatan webinar diketuai oleh Iis Komalasari, A.Md, Sekretaris/Bendahara oleh Ahmad Fitri Syahroni, S.IP., Sie Perlengkapan oleh Danang Nur Cahyadi, S.IP., dan MC/Moderator oleh Tika Anggraeni, S.Hum. Semua panitia berasal dari para Pustakawan UMB Meruya.

Acara webinar berlangsung selama 2 jam 30 menit. Acara ini di tayangkan juga secara live di youtube Perpustakaan UMB yang dapat dilihat pada laman https://www.youtube.com/watch?v=nAvv0eUFYZ8.

Untuk informasi: Email : [email protected] Website : https://lib.mercubuana.ac.id/ Telepon : 021 – 5840816 (ex. 3122 dan 3111)