ID   EN
    ID   EN

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

  • Apakah mahasiswa luar UMB atau non-civitas akademika UMB boleh masuk dan menggunakan fasilitas dan koleksi Perpustakaan UMB?
    Boleh, dengan syarat membuat tiket kunjungan harian yang dapat diperoleh dengan membayar sesuai ketentuan di bagian sirkulasi.
  • Apakah mahasiswa luar UMB atau non-civitas akademika UMB boleh meminjam koleksi Perpustakaan UMB?
    Untuk saat ini Perpustakaan UMB belum dapat memberikan layanan peminjaman untuk dibawa pulang koleksi buku bagi pemustaka Non UMB
  • Apakah mahasiswa luar UMB atau non-civitas akademika UMB boleh meminjam skripsi, tesis, tugas akhir, Perpustakaan UMB?
    Untuk saat ini pemustaka non UMB hanya bisa membaca skripsi, tesis, dan jurnal didalam perpustakaan. Tidak diperkenankan menyalin atau menggandakannya.
  • Bagaimana mengakses jurnal dan database online?
    Akses jurnal dan database online dapat dilakukan melalui wifi atau hotspot UMB, jaringan komputer UMB. Akses melalui wifi/hotspot dan jaringan lokal komputer UMB dapat dilakukan dengan mengakses alamat jurnal atau database online secara langsung atau melalui web perpustakaan UMB di bagian "Koleksi Digital>E-Jurnal dan E-Book Internasional" atau banner pada halaman depan. Login akses Wifi menggunakan akun SSO UMB masing-masing.
  • Berapa banyak koleksi yang dapat dipinjam?
    Setiap kategori peminjaman, memiliki jumlah hak pinjam yang berbeda-beda tergantung dari kategori tersebut. Silakan lihat di sini
  • Apa sanksinya jika saya terlambat mengembalikan buku?
    Membayar denda keterlambatan sebesar Rp. 1.000 per hari per buku untuk eksemplar umum dan Rp. 2.000 per hari per eksemplar untuk buku favorit
  • Apakah buku yang sedang saya pinjam dapat diperpanjang lagi waktu pinjamnya?
    Tidak ada perpanjangan waktu pinjam
  • Buku yang saya pinjam hilang, bagaimana prosedur selanjutnya?
    a) Mengganti buku baru (bukan buku bekas/fotocopy) sesuai dengan aslinya, jika tidak ada yang sesuai dengan aslinya, maka:
    b) Mengganti buku baru dengan judul dan pengarang yang sama dengan edisi/tahun terbaru, jika tidak ada,
    c) Mengganti buku baru dengan subyek/isi sama dengan harga minimal sama dengan buku yang dihilangkan, dan edisi/tahun terbaru serta jumlah halaman sama atau lebih banyak dari buku yang dihilangkan.
    d) Membayar denda yang ditimbulkan (jika ada).
  • Bagaimana cara mencari buku dengan cepat di rak buku?
    Periksa status keberadaan buku di katalog, jika tersedia catat nomor panggil buku dan lokasi rak buku . Gunakan tabel lokasi rak buku yang berada di area komputer katalog. Jika masih belum ditemukan ada beberapa kemungkinan yaitu: • Buku sedang dibaca • Lokasi salah rak oleh pengguna lain • Buku hilang
  • Dimana lokasi skripsi-skripsi atau tesis tahun tahun terbit lama?
    Skripsi atau tesis tahun lama sudah tidak didisplay di rak dan tidak dilayankan. Sebagai penggantinya perpustakaan menyediakan akses skripsi dan tesis tahun terbit lama secara online melalui Repository UMB Silakan klik di sini
  • Kenapa saya tidak bisa KRS/KHS?
    Cek pinjaman buku/loker/tas kepada petugas dengan datang langsung atau telepon atau cek mandiri melalui Katalog Perpustakaan Meruya & Bekasi Silakan klik di sini atau Katalog Perpustakaan Menteng Silakan klik di sini

Tutup