ID   EN

Webinar Sosialisasi Pemanfaatan dan Cara Akses E-Journal Gale Cengage diselenggarakan pada hari Selasa, 31 Januari 2023 secara online/daring melalui Zoom Meeting. Webinar di ikuti 873 peserta yang hadir terdiri mahasiswa dan dosen civitas UMB yang berasal dari seluruh kampus baik di pusat maupun dari kampus cabang Universitas Mercu Buana. E-Journal Gale Cengage merupakan database jurnal online yang berisi berbagai bidang ilmu. Perpustakaan UMB melanggan 3 bidang ilmu di antaranya : ekonomi, sosial humaniora dan teknik dengan total jumlah jurnal yang bisa diakses 1.901 judul jurnal fulltext. E-Journal Gale Cengage merupakan koleksi digital yang dapat diakses secara online oleh pengguna baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus.

Webinar dibuka oleh Kepala Perpustakaan UMB Muhammad Arif Budiyanto, S.Kom., M.Hum. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa Perpustakaan UMB bekerja sama dengan FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) DKI Jakarta yang tergabung dalam konsorsium E-Resources FPPTI DKI Jakarta untuk melanggan E-Journal Gale Cengage. Adanya kerja sama ini memiliki manfaat dari segi biaya langganan yang relatif murah dengan konten yang tersedia lengkap dan mencakup berbagai bidang disiplin ilmu. Selanjutnya Arif menyatakan tujuan kegiatan ini antara lain: Untuk menyampaikan perihal pengetahuan dasar cara mengakses dan mengunduh E-Journal Gale Cengage yaitu bagaimana mengakses dengan mudah, menggunakan dan memanfaatkan secara tepat dan maksimal semua konten yang ada di E-Journal Gale Cengage; Meningkatkan jumlah akses dan unduh baik konten artikel di e-journal sehingga akan terus dilanggan dan bisa diakses oleh seluruh civitas UMB; Memberikan rujukan konten-konten ilmiah baik dalam bidang pengajaran maupun penelitian dikalangan dosen dan mahasiswa, sehingga karya ilmiah yang dihasilkan lebih berbobot dan bermanfaat sesuai dengan tema atau topik yang sedang popular saat ini. Adanya program Sosialisasi Pemanfaatan dan Cara Akses E-Journal Gale Cengage yang dilakukan Perpustakaan Universitas Mercu Buana diharapkan mampu menciptakan hasil penelitian yang berkualitas, meningkatkan literasi dan pemahaman civitas akademika terhadap informasi yang dapat dimanfaatkan secara lebih efektif dan efisien.

Pemateri dalam acara webinar ini yaitu Bapak Okkie S. Budiman yang merupakan Marketing Executive Gale Cengage. Bapak Okkie menjelaskan secara langsung mengenai bagaimana fitur-fitur cara akses dan download E-Journal Gale Cengage kepada para peserta. Interaksi antara pemateri dan peserta berjalan sangat baik banyak pertanyaan dan diskusi yang berlangsung interaktif. Kegiatan webinar ditutup oleh Arif dan sangat mengapresiasi partisipasi peserta yang demikian banyak dan tak lupa juga mengucapkan terima kasih pada pemateri webinar kali ini Bapak Okkie S. Budiman.

Webinar dipandu dan dimoderatori oleh Anggito Suryo Hadi, SIP staf layanan Perpustakaan UMB. Acara webinar berlangsung selama 1 jam 41 menit. Acara ini di tayangkan juga secara langsung di youtube Perpustakaan UMB yang dapat dilihat pada laman https://www.youtube.com/live/11yv0dirUDA?feature=share. Kegiatan Literasi Informasi yang selanjutnya (keempat) akan dilaksanakan pada akhir Maret 2023 dengan tema “Sosialisasi Respository Tugas Akhir Mahasiswa”. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan perpustakaan selalu memberikan sertifikat ber-SKP dan dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa UMB baik dari kampus Meruya ataupun kampus cabang. Informasi terbaru perihal kegiatan perpustakaan silahkan akses website perpustakaan UMB di laman https://lib.mercubuana.ac.id/id.

Kepanitian kegiatan webinar diketuai oleh Tika Anggraeni, S.Hum, Sekretaris/Bendahara oleh Amin Sujatmiko, S.IP., Sie Perlengkapan oleh Rifky, S.IP., dan MC/Moderator oleh Anggito Suryo Hadi, SIP. Semua panitia berasal dari para Pustakawan UMB kampus Meruya.

Untuk informasi: Email : [email protected] Website : http://lib.mercubuana.ac.id/ Telepon : 021 – 5840816 (ex. 3122 dan 3111)