ID   EN

Foto Pemateri Bapak Irwan Sukardi.

Perpustakaan UMB mengadakan webinar literasi informasi pada hari Selasa, 30 April 2024, dengan tema “Pelatihan dan Workshop E-Journal Emerald Untuk Meningkatkan Kualitas Penelitian Civitas Akademika Universitas Mercu Buana”. Dengan adanya webinar kali ini diharapkan mahasiswa mengetahui salah satu database yang dilanggan Perpustakaan UMB, yakni E-journal Emerald. Pelatihan ini diadakan kepada pemustaka untuk memenuhi kebutuhan akademis maupun penelitian dan untuk memberikan informasi mengenai cara mengakses dan download (unduh) E-journal Emerald yang dilanggan oleh Perpustakaan UMB.

Webinar diselenggarakan secara daring/online melalui zoom meeting. Kegiatan ini merupakan kegiatan literasi informasi yang keempat kalinya dilaksanakan pada tahun akademik 2023/2024 dan diikuti oleh 881 peserta yang terdiri dari 838 mahasiswa dan 36 dosen. Peserta berasal dari seluruh kampus yang ada di UMB, yaitu Kampus Meruya, Menteng dan Warung Buncit.

Foto Wakil Rektor Pembelajaran dan Ristek Dr. Erna Setiany, SE, M.Si

Webinar dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Pembelajaran dan Ristek Dr. Erna Setiany, SE, M.Si. Beliau menyampaikan webinar ini adalah bagian utama dari tri darma kita, dibidang penelitian karna kita sangat mengandalkan referensi yang terbaik dan juga untuk pembelajaran sebagai bahan ajar referensi terbaru seperti yang dimiliki Ejournal Emerald, dan bagi mahasiswa yang saat ini sedang menyiapkan proposal skripsi, tesis, disertasi ini adalah kesempatan yang baik untuk belajar bersama melatih kemampuan kita memperbaiki kualitas referensi kita dengan mengenal dan memanfaatkan Ejournal Emerald. Mari kita meningkatkan kualitas penelitian dan referensi untuk perkuliahan juga”, ujar Dr. Erna Setiany, SE, M.Si., dalam sambutannya.

Foto Kepala Biro Perpustakaan UMB, Muhammad Arif Budiyanto, M.Hum

Dalam sambutannya Kepala Biro Perpustakaan UMB, Muhammad Arif Budiyanto, M.Hum., mengatakan ”Kegiatan hari ini adalah salah satu kegiatan rutin di perpustakaan yang berkaitan dengan program literasi informasi kepada seluruh civitas akademika UMB yaitu webinar pelatihan dan workshop E-journal Emerald, kegiatan ini sudah dilakukan yang ke-empat kalinya diselenggarakan pada tahun akademik 2023/2024 dan dilakukan secara online atau daring agar dapat dijangkau oleh peserta yang lebih banyak dan luas. Selanjutnya, nanti kami akan menyelenggarakan kegiatan literasi informasi yang ke 5 insya Alloh pada bulan Juli 2024 dengan tema Workshop dan Pelatihan Repositori. Sebagai informasi, E-journal Emerald yang dilanggan oleh UMB ada 4 subjek yaitu subjek Business Management dan Strategic ada 59 judul jurnal, subjek Accounting, Finance, dan Economics ada 43 judul jurnal, subjek Human Resources, Learning dan Organization Studies ada 36 judul jurnal dan subjek Marketing ada 23 judul jurnal sehingga totalnya ada 144 jurnal dan 208.266 artikel yang bisa di unduh secara fulltext dan sebagian besar jurnalnya sudah terindeks Scopus. Untuk mengakses E-journal Emerald diperlukan OAN (Organisation Access Number) yang diberikan oleh Emerald dan akan berganti tiap tahun selama masa perpanjangan langganan berakhir. Untuk UMB, OAN akan diberikan per 1 April, maka dari itu jika pada tanggal 1 April Emerald tidak dapat diakses, silahkan datang ke perpustakaan untuk mendapatkan OAN terbaru.” ujar Arif.

Foto Presentasi Bapak Irwan Sukardi.

Bapak Irwan Sukadi, Business Manager Emerald Indonesia menjadi narasumber untuk webinar kali ini dan materi yang disampaikan dalam pelatihan ini mengenai cara akses E-Journal Emerald, cara unduh dan simpan artikel di Emerald, serta tips -tips bagaimana cara submit artikel di Emerald agar hasil penelitian dosen dan mahasiswa bisa terpublish di jurnal internasional.

Foto Rifky, S.IP sebagai Moderator.

Webinar kali ini dimoderatori oleh Rifky, S.IP., semua peserta terlihat antusias dan serius mengikuti webinar. Hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti dan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada pemateri sehingga terjadi diskusi yang menarik dan interaktif antara peserta dan pemateri. Webinar ditutup oleh Arif dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemateri dan partisipasi semua peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian acara webinar kali ini. Webinar mendapat dukungan dari Biro Teknologi Informati (BTI) UMB dalam penyediaan link zoom dan support jaringan internet. Untuk publikasi dan liputan mendapat support dari Biro Humas UMB.

.

Foto Panitia Webinar

Kepanitiaan webinar diketuai oleh Andriyani, S.IP., Sekretaris: Siti Maisyaroh, S.Hum, M.M., Sie Perlengkapan: Sekar Mutiara Chaerunisa, S.IP, dan Moderator: Rifky, S.IP. Semua panitia merupakan Pustakawan UMB. Jika civitas akademika UMB kemarin tidak bisa mengikuti webinar dan ingin melihat rekamannya, bisa mengakses di youtube Perpustakaan UMB di laman berikut: https://www.youtube.com/watch?v=zs20jJz6dZg

Foto Peserta Webinar