ID   EN

Pemateri dan Moderator

Perpustakaan Universitas Mercu Buana menyelenggarakan kegiatan literasi informasi secara Online atau biasa disebut webinar dengan tema “Repository Solusi TA Online”. Dalam acara webinar ini Kepala Biro Perpustakaan, Bpk. Muhammad Arif Budiyanto M.Hum dan Direktur Akademik dan kemahasiswaan, Bpk. Rizki Briandana.,Ph.D memberikan sambutan Sekaligus membuka acara. Dalam Webinar ini juga menampilkan pemateri dan juga moderator dari pustakawan Perpustakaan Universitas Mercu Buana yang menjadi pematerinya adalah Bpk. Ahmad Fitri Sahroni S.IP, selaku staf layanan referensi sedangkan moderatornya yaitu Bpk. Dede Muksin Lubis., S.IIP selaku staf pengolahan repository dan TA. Peserta dalam acara webinar sebanyak 365 yang meliputi dosen, tendik dan mahasiswa.

MC dan Pembaca Doa

Sambutan Kepala Biro Perpustakaan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan materi literasi informasi perihal repository kepada para peserta webinar. Hal tersebut juga disampaikan oleh Kabiro Perpustakaaan, “Tujuan kegiatan literasi kali ini adalah untuk menyampaikan pengetahuan dasar cara mengakses dan mengunduh atau mendownload tugas akhir (TA) yaitu bagaimana mengakses, menggunakan dan memanfaatkan secara tepat dan secara maksimal semua konten yang ada di repository UMB, Memberikan tips-tips bagaimana mencari judul tugas akhir yan gsesuai dengan yang diinginkan pengguna atau user, memaksimalkan semua field-field atau pilihan-pilihan pada menu pencarian agar pencarian lebih efektif dan maksimal tidk hanya melalui judul tugas akhir saja tetapi bisa menggunakan berbagai cara yang telah disediakan”.

Sambutan Direktur Akademik dan Kemahasiswaan

Hal serupa juga diutarakan pada sambutan Direktur Akademik dan kemahasiswaan Universitas Mercu Buana, Bpk. Rizki Briandana Ph.D “Perlu diketahui bahwa pentingnya dapat mengakses repository ini, untuk keperluan referensi dalam menyusun tugas akhir. Tugas akhir di mana dimasing-masing prodi baik itu program diploma, sarjana, magister dan doktor itu memang memerlukan sebuah literature atau penelitian terdahulu yang dijadikan rujukan dalam penulisan tugas akhir.” Direktur akademik dan kemahasiswaan juga berharap adanya nilai-nilai kebaruan dalam tugas akhir. “apa harapannya? Maka ditemukanlah nilai-nilai kebaruan, ditemukanlah novelty dan juga research gap yang di mana ini tentuya bermanfaat bagi teman-teman peneliti dari mahasiswa, mahasiswi yang sedang menulis tugas akhir”. Kegiatan literasi ini adalah kegiatan keempat pada tahun akademik 2021/2022. Webinar ini dilaksanakan pada hari sabtu, 18 Juni 2022, kegiatan webinar ini menggunakan aplikasi zoom meeting dan bisa juga dilihat melalui Live streaming Youtube Perpustakaan UMB pada laman https://www.youtube.com/watch?v=EbQbcvBmeE0

Kepanitiaan Webinar

Kepanitiaan kegiatan webinar ini semua berasal dari para pustakawan UMB antara lain:
MC: Danang Nur Cahyadi (Staf Layanan Sirkulasi)
Pemateri: Ahmad Fitri Sahroni (Staf Layanan Referensi dan TA)
Moderator: Dede Muhsin Lubis (Staf Pengolahan Repository)
Pembaca Doa: Anggito Hadi Pranoto (Staf Layanan Referensi)
Tim Support: Nasrullah (Kabag Pengadaan dan Pengolahan Koleksi), Rifky (Staf Pengadaan Koleksi), dan Khalimah (Staf Layanan Koleksi)

Foto-Foto Peserta Webinar

Untuk informasi : email : [email protected] website : http://lib.mercubuana.ac.id/