ID   EN

Foto Narasumber Webinar, Sony Pawoko, S.Sos., MTI

Dalam Upaya pencegahan plagiarisme di kalangan akademik, Perpustakaan Universitas Mercu Buana mengadakan kegiatan webinar literasi informasi dengan tema Strategi Pencegahan Plagiarisme dalam Peningkatan Kualitas Karya Tulis Ilmiah Dosen dan Mahasiswa. Melalui kegiatan webinar literasi informasi ini, diharapkan dosen dan mahasiswa dapat lebih paham mengenai plagiarisme dan lebih berhati – hati dalam pembuatan tugas akhir maupun karya ilmiah lain sehingga hasil karyanya tidak termasuk dalam plagiarisme.

Webinar di selenggarakan pada Selasa, 20 Februari 2024 secara daring/online melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini merupakan webinar literasi informasi yang ketiga kalinya dilaksanakan pada tahun akademik 2023/2024. Webinar ini diikuti oleh 992 peserta yang terdiri dari 935 mahasiswa dan 57 dosen. Peserta berasal dari seluruh kampus yang ada di UMB, yaitu kampus meruya, menteng, warung buncit dan kranggan serta peserta dari luar UMB.

Webinar kali ini menghadirkan nara sumber Sony Pawoko, S.Sos., MTI yang merupakan pustakawan Koordinator Repositori dan Otomasi Perpustakaan Universitas Indoensia. Narasumber menekankan pentingnya pendidikan dan pelatihan tentang cara mengutip sumber secara tepat dan etika penulisan. "Terdapat berbagai bentuk plagiarisme salah satu nya copy & paste tanpa menyebutkan sumbernya sengaja maupun tidak sengaja, sebagian maupun keseluruhan, copy paste boleh asal kita menyebutkan sumbernya”, ujar Sony.

Plagiarisme yaitu sebuah tindakan menjiplak, mengambil karangan atau tulisan dan pendapat orang lain, kemudian menjadikannya seolah-olah milik sendiri. Perbuatan ini lebih cenderung dilakukan secara sengaja untuk memperoleh suatu karya ilmiah milik orang lain tanpa mengutip atau menyertakan sumbernya secara tepat dan benar, kemudian karya tersebut diakui sebagai karya sendiri yang sering disebut juga dengan plagiat.

Foto Sambutan dan Pembukaan Webinar oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Rizki Briandana, M.Comm., Ph.D

Webinar dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Rizki Briandana, M.Comm., Ph.D. “Hal yang harus digaris bawahi yaitu salah satu kejahatan terbesar di dunia akademik adalah plagiarisme. Tidak hanya bagi dosen, tetapi mahasiswa juga dituntut untuk jujur ketika menulis karya ilmiahnya. Sebagaimana dituangkan dalam Permendikbud Ristek dan di UMB juga ada SK Integritas Akademik sehingga ada batasan dimana ketika seseorang menulis karya dikatakan plagiarisme atau tidak. Kampus UMB sendiri sudah menggunakan aplikasi pengecekan similarity yaitu Tunitin. Teknologi memang untuk membantu kita, namun bukan berarti kita dimanjakan dengan hal tersebut. Sebagai Penulis harus memahami lebih mendalam tidak hanya di copy paste saja, namun harus di kembangkan lagi. Ujar Rizki Briandana, M.Comm., Ph.D dalam sambutannya.

Foto Sambutan dan Laporan Oleh KaBiro Perpustakaan UMB, Muhammad Arif Budiyanto, M.Hum

“Kegiatan Webinar Literasi Informasi ini merupakan kegiatan yang ke- tiga kalinya pada tahun akademik 2023/2024. Tema webinar kali ini dirasakan sangat penting karena didunia akademik integritas dan orisinalitas karya menjadi pondasi yang penting. Plagiarisme baik disengaja atau tidak dapat merusak kredibilitas penulis dan mengurangi nilai ilmiah suatu karya. Dalam Penulisan skripsi, tugas akhir maupun karya ilmiah lainnya seharusnya tidak hanya fokus pada hasil akhir, tetapi juga pada prosesnya agar terhindar dari plagiarisme. Mari sama-sama kita jaga integritas dan karya ilmiah dengan menulis yang jujur dan autentik”, terang Kepala Perpustakaan UMB, Muhammad Arif Budiyanto, M.Hum dalam laporan dan sambutannya.

Foto MC dan Moderator Webinar, Annas Tsabatulloh, S.Hum

Webinar ini dipandu oleh moderator Annas Tsabatullah, S.Hum., peserta terlihat antusias dan serius mengikuti webinar. Hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti dan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada pemateri sehingga terjadi diskusi yang menarik dan interaktif antara peserta dan pemateri. Webinar ditutup oleh Arif dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemateri dan partisipasi semua peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian acara webinar kali ini. Webinar mendapat dukungan dari Biro Teknologi Informati (BTI) UMB dalam penyediaan link zoom dan support jaringan internet. Untuk publikasi dan liputan mendapat support dari Biro Humas UMB.

Foto Panitia Webinar

Kepanitiaan webinar diketuai oleh Amin Sujatmiko, S.I.Pust., Sekretaris: Iis Komalasari, A.Md., Sie Perlengkapan: Anggitto Suryo Hadi, S.IP., dan Moderator: Annas Tsabatullah, S. Hum. Semua panitia merupakan Pustakawan UMB.

Jika civitas akademika UMB kemarin tidak bisa mengikuti webinar dan ingin melihat rekamannya, bisa mengakses di youtube Perpustakaan UMB di laman berikut: https://www.youtube.com/watch?v=2u68uBRFt6g&t=2655s

Foto Peserta Webinar

Foto Peserta Webinar