ID   EN

Pemateri Bapak Arief Wicaksono.

Perpustakaan UMB mengadakan program literasi informasi dengan menyelenggarakan webinar pada hari Kamis, 22 Agustus 2024, dengan tema “Pelatihan Akses dan Pemanfaatan E-Resources Perpusnas RI Untuk Civitas Akademika UMB”. Pelatihan ini diselenggarakan Perpustakaan UMB bekerja sama dengan Perpusnas RI untuk mengenalkan koleksi e-resources yang dilanggan dan disediakan Perpusnas RI kepada civitas akademika UMB, agar dimanfaatkan untuk menambah referensi dan memperkaya sumber ilmiah sehingga bisa menciptakan hasil penelitian yang berkualitas, meningkatkan pemahaman civitas akademika terhadap informasi yang dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Webinar diselenggarakan secara daring/online melalui zoom meeting dan live streaming pada kanal youtube Perpustakaan UMB. Kegiatan ini merupakan kegiatan literasi informasi yang keenam kalinya atau yang terakhir dilaksanakan pada tahun akademik 2023/2024 dan diikuti oleh 679 peserta yang terdiri dari 676 mahasiswa dan 3 tendik. Peserta berasal dari seluruh kampus yang ada di UMB, yaitu kampus Meruya, Menteng dan Warung Buncit.

Sambutan Wakil Rektor Pembelajaran dan Ristek Dr. Erna Setiany, SE, M.Si

Webinar dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Pembelajaran dan Ristek Dr. Erna Setiany, SE, M.Si., beliau menyampaikan ’webinar ini dirasa sangat penting bagi civitas akademika UMB karena webinar ini terfokus pada pengenalan dan pelatihan serta pemanfaatan e-resources perpusnas RI, diharapkan para civitas akademika UMB dapat membuka cakrawala keilmuannya atau menambah referensinya terutama mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyiapkan skripsi, tugas akhir, tesis dan disertasi serta para dosen yang sedang menyiapkan laporan akhir hibah dikti. Perpustakaan UMB mempunyai beberapa resources yang dilanggan namun tidak sebanyak yang dilanggan perpusnas RI maka dari itu rekan-rekan mahasiswa harus memanfaatkan webinar ini dengan sebaik-baiknya dengan cara belajar bagaimana mengakses resources yang sudah dilanggan perpusnas untuk kita semua’, ujar Erna dalam sambutannya.

Sambutan Kepala Biro Perpustakaan UMB, Muhammad Arif Budiyanto, M.Hum

Dalam sambutannya Kepala Biro Perpustakaan UMB, Muhammad Arif Budiyanto, M.Hum., menyampaikan ”kegiatan kali ini adalah kegiatan rutin perpustakaan yang berkaitan dengan literasi informasi kepada seluruh civitas akademika UMB. Kegiatan webinar kali ini merupakan webinar yang keenam atau yang terakhir kalinya yang kami selanggarakan pada tahun akademik 2023/2024. Kegiatan webinar ini dilakukan secara daring agar bisa menjangkau seluruh peserta yang lebih luas dan lebih banyak yang berasal dari kampus-kampus yang ada di UMB baik dari kampus pusat meruya maupun kampus kampus di cabang lainnya, selanjutnya nanti kami akan menyelenggarakan kegiatan literasi informasi pada tahun akademik 2024/2025 yang insya Allah akan dimulai pada bulan oktober 2024, untuk diketahui seluruh kegiatan webinar literasi informasi yang dilakukan perpustakaan UMB itu bersifat gratis atau free dan selalu memberikan e-sertifikat kepada peserta”.

Sebagai informasi juga Perpustakaan UMB telah melanggan 6 database e-resources antara lain yang pertama untuk e-journal kita ada 3 database yaitu proquest, gale cangage dan emerald sedangkan untuk database e-book UMB melanggan 3 database yaitu e-book central proquest, ebsco dan cambridge. Saat ini perpusnas telah menyediakan sumber-sumber ilmah yang sangat lengkap yaitu dengan 34 database baik e-book maupun e-jurnal yang bisa diakses secara gratis oleh seluruh warga Indonesia dan bisa diakses darimanapun, selanjutnya kegiatan literasi informasi hari ini adalah yang pertama untuk mengetahui bagaimana menjadi anggota perpusnas RI dan mengenalkan apa saja e-resources yang disediakan atau dilanggan oleh perpusnas RI, kemudian yang ke 2 adalah untuk menyampaikan pelatihan cara akses dan mengunduh semua konten yang ada di e-resources perpusnas RI, yang ke 3 adalah memberikan rujukan dan pemanfaatan lebih maksimal dan konten-konten ilmiah yang tersedia di e-resouces perpusnas RI untuk melengkapi dan memperkaya referensi ilmah yang sudah disediakan dan dilanggan oleh UMB”, ujar Arif.

Presentasi Bapak Arief Wicaksono, S.Hum., M.Hum.

Bapak Arief Wicaksono yang saat ini menjabat pustakawan referensi di Perpusnas RI, menjadi narasumber atau pemateri pada webinar kali ini dan materi yang disampaikan adalah pelatihan cara mengakses e-resources Perpusnas RI dimulai dari pengenalan apa itu e-resources Perpusnas RI, bagaimana mendaftar sebagai anggotaa perpusnas RI, sampai pemanfaatan e-resources yang dilanggan Perpusnas RI yang diperuntukan untuk memperkaya atau menambah referensi ilmiah.

Moderator Maulana Arif Hidayat, SIP.

Webinar kali ini dimoderatori oleh Maulan Arif Hidayat, SIP. Semua peserta mengikuti webinar dengan serius dan juga sangat antusias. Hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti dan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada pemateri sehingga terjadi diskusi yang menarik dan interaktif antara peserta dan pemateri. Webinar ditutup oleh Arif dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemateri dan partisipasi semua peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian acara webinar kali ini. Webinar mendapat dukungan dari Biro Teknologi Informasi (BTI) UMB dalam penyediaan link zoom dan support jaringan internet. Untuk publikasi dan liputan mendapat support dari Biro Humas UMB.

Foto Panitia Webinar

Kepanitiaan webinar diketuai oleh Annas Tsabatulloh, S.Hum., Sekretaris: Sekar Mutiara Chaerunisa, S.IP., Sie Perlengkapan: Anggitto Suryo Hadi, S.IP, dan Moderator: Maulan Arif Hidayat, SIP., Semua panitia merupakan Pustakawan UMB. Jika civitas akademika UMB kemarin tidak bisa mengikuti webinar dan ingin melihat rekamannya, bisa mengakses di youtube Perpustakaan UMB di laman berikut: (Annas/Arif). https://www.youtube.com/watch?v=UAdyqzI3dqY

Foto Peserta Webinar