ID   EN

Foto Pemateri Bapak Nasruddin Mansyur.

Perpustakaan UMB mengadakan webinar literasi informasi pada hari Kamis, 27 Juni 2024, dengan tema “Pelatihan dan Workshop Pemanfaatan Repository dan Pedoman Penyerahan Tugas Akhir ke Perpustakaan UMB”. Pelatihan ini diadakan kepada mahasiswa dan dosen serta tenaga kependidikan untuk mencari referensi bahan rujukan berupa file tugas akhir di website repository dan memberikan informasi mengenai cara mengakses dan mengunduh file tugas akhir di repositori Perpustakaan UMB.

Webinar diselenggarakan secara daring/online melalui zoom meeting. Kegiatan ini merupakan kegiatan literasi informasi yang kelima kalinya dilaksanakan pada tahun akademik 2023/2024 dan diikuti oleh 674 peserta yang terdiri dari 661 mahasiswa dan 13 dosen dan tendik. Peserta berasal dari seluruh kampus yang ada di UMB, yaitu Kampus Meruya, Menteng dan Warung Buncit.

Foto Wakil Rektor Pembelajaran dan Ristek Dr. Erna Setiany, SE, M.Si

Webinar dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Pembelajaran dan Ristek Dr. Erna Setiany, SE, M.Si., beliau menyampaikan webinar ini sangat penting bagi mahasiswa civitas mercu buana, khususnya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan tugas akhir untuk menambah ilmu melalui webinar literasi informasi khusus nya pelatihan dan workshop pemanfaatan repository dan pedoman penyerahan tugas akhir ke Perpustakaan UMB.
Salah satu kebanggan dari universitas mercu buana adalah kita salah satu universitas dengan jumlah repository terbanyak di Indonesia, hal ini harus dimanfaatkan seoptimal mungkin, jumlah repository yang banyak ini memperlihatkan transparansi kita dan jangkauan kita terhadap tugas akhir yang bisa di akses, oleh karena itu mahasiswa dapat mengoptimalkannya sebagai bahan referensi dalam penyusunan tugas akhir. Pentingnya repository sebagai bahan ajar referensi untuk menemukan data – data pencarian yang diinginkan bagi mahasiswa yang saat ini sedang menyiapkan proposal skripsi, tesis, disertasi ini adalah kesempatan yang baik untuk belajar bersama melatih kemampuan kita memperbaiki kualitas referensi kita dengan mengenal dan memanfaatkan repository di perpustakaan mercu buana.”, ujar Dr. Erna Setiany, SE, M.Si., dalam sambutannya.

Foto Kepala Biro Perpustakaan UMB, Muhammad Arif Budiyanto, M.Hum

Dalam sambutannya Kepala Biro Perpustakaan UMB, Muhammad Arif Budiyanto, M.Hum., mengatakan ”Kegiatan hari ini adalah salah satu kegiatan rutin di perpustakaan yang berkaitan dengan program literasi informasi kepada seluruh civitas akademika UMB yaitu webinar Pelatihan dan Workshop Pemanfaatan Repository dan Pedoman Penyerahan Tugas Akhir ke Perpustakaan UMB, kegiatan webinar ini sudah dilakukan yang ke-lima kalinya diselenggarakan pada tahun akademik 2023/2024 dan dilakukan secara online atau daring agar dapat dijangkau oleh peserta yang lebih banyak dan luas yang berada di kampus mercu buana baik dari kampus meruya maupun dari kampus -kampus cabang lainnya. Selanjutnya, nanti kami akan menyelenggarakan kegiatan literasi informasi yang ke 6 insya Alloh pada bulan agustus 2024 dengan tema Workshop dan Pelatihan Akses E-resource Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Webinar ini memberikan kita 1. cara mengakses dan mengunduh semua konten di repository umb, 2. Memberikan rujukan konten ilmiah untuk meningkatkan kualitas penelitian dan tugas akhir sivitas akademika umb 3. Untuk melihat topik – topik terkini dalam penyusunan tugas akhir mahasiswa yang lulus sebelum nya 4. Memberikan informasi perihal pedoman penyerahan tugas akhir ke perpustakaan

Sebagai informasi, Universitas mercu buana telah membangun repository pada tahun 2018 lalu dan hingga saat ini masih dikembangkan baik konten maupun aplikasi nya. Saat ini repository umb memiliki konten lebih dari 70ribu koleksi. Koleksi repository umb terdiri dari tugas akhir, laporan penelitian, karya ilmiah dan berbagai terbitan universitas lain nya. Materi webinar kali ini antara lain : pelatihan dan akses repository, cara dan unduk konten di repository, pedoman penyerahan tugas akhir ke perpustakaan, ujar Arif.

Foto Presentasi Bapak Nasruddin Mansyur.

Bapak Nasruddin Mansyur, Kabag Perpustakaan Warbun UMB, menjadi narasumber untuk webinar kali ini dan materi yang disampaikan dalam pelatihan ini mengenai Pelatihan dan Workshop pemanfaatan repositori dan pedoman penyerahan tugas akhir perpustakaan di universitas mercu buana. membahas tentang pengenalan institut repository, pengenalan repository universitas mercu buana, update repository universitas mercu buana, cara akses repository universitas mercu buana, panduan akses repository universitas mercu buana serta informasi layanan perpustakaan universitas mercu buana

Foto Danang Nur Cahyadi, S.IP sebagai Moderator.

Webinar kali ini dimoderatori oleh Danang Nur Cahyadi, S.IP., semua peserta terlihat antusias dan serius mengikuti webinar. Hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti dan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada pemateri sehingga terjadi diskusi yang menarik dan interaktif antara peserta dan pemateri. Webinar ditutup oleh Arif dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemateri dan partisipasi semua peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian acara webinar kali ini. Webinar mendapat dukungan dari Biro Teknologi Informasi (BTI) UMB dalam penyediaan link zoom dan support jaringan internet. Untuk publikasi dan liputan mendapat support dari Biro Humas UMB.

Foto Panitia Webinar

Kepanitiaan webinar diketuai oleh Ahmad Fitri Sahroni, S.IP., Sekretaris: Dede Muksin Lubis, S,IIP., Sie Perlengkapan: Nasrullah, S.IP, dan Moderator: Danang Nur Cahyadi, S.IP. Semua panitia merupakan Pustakawan UMB. Jika civitas akademika UMB kemarin tidak bisa mengikuti webinar dan ingin melihat rekamannya, bisa mengakses di youtube Perpustakaan UMB di laman berikut: https://www.youtube.com/watch?v=NwbZJ_dUTGg&ab_channel=PerpustakaanUMB

Foto-Foto Peserta