ID   EN

Biro Perpustakaan Universitas Mercu Buana mengadakan kegiatan literasi informasi yang merupakan salah satu kegiatan rutin di perpustakaan. Kegiatan ini diselenggarakan secara online melalui webinar literasi informasi dengan tema : “Sosialisasi Pemanfaatan E-Journal Emerald, Cara Akses dan Submit Artikel di Emerald”pada Senin, 15 Agustus 2022. Tema ini akan menyampaikan pengetahuan dasar dan lengkap tentang E - Journal Emerald yaitu bagaimana cara mengakses, menggunakan, mengunduh artikel serta tips bagaimana submit artikel di Emerald.

Kegiatan literasi informasi ini merupakan kelima kalinya diadakan oleh Biro Perpustakaan UMB selama tahun akademik 2021/2022. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 620 peserta yang terdiri dari 21 dosen dan 599 mahasiswa yang berasal dari Kampus UMB Meruya, Menteng, Warung Buncit dan Kranggan.

Direktur Akademik dan Kemahasiswaan UMB, Rizki Briandana, M.Comn, Ph.D yang membuka kegiatan ini. Beliau menyampaikan sambutan bahwa pemanfaatan E- Journal itu sangat penting bagi mahasiswa ataupun dosen.

“Kita ketahui bahwa mahasiswa yang menulis tugas akhir dan juga dosen yang membuat penelitian di setiap semester tentunya sangat memerlukan referensi baik dari jurnal nasional ataupun internasional, koleksi Emerald ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya yang mudah - mudahan selaras dengan tema penelitian yang mungkin bisa digunakan oleh bapak ibu dan rekan mahasiswa” jelas Rizki.

Pemateri webinar ini yaitu Irwan Sukardi yang merupakan Business Manager Emerald berpengalaman pada E-Journal Emerald. Materi yang disampaikan yaitu mengenai sosialisasi dan cara akses E-Journal Emerald, cara unduh dan simpan artikel Emerald serta cara submit artikel di Emerald.

Kepala Pusat Biro Perpustakaan, M. Arif Budiyanto, S.Kom, M.Hum menjelaskan tujuan kegiatan ini yaitu untuk menyampaikan pengetahuan dasar cara mengakses dan mengunduh E-Journal Emerald yaitu bagaimana mengakses, menggunakan, memanfaatkan secara tepat dan secara maksimal semua konten yang ada di E-Journal Emerald. Yang kedua untuk meningkatkan jumlah statistik akses dan unduh konten artikel E-Journal sehingga akan terus dilanggan dan disediakan oleh UMB. Untuk diketahui bahwa statistik saat ini mencapai 5.538 akses.

“Kemudian tujuan yang ketiga memberikan rujukan konten - konten ilmiah baik dalam bidang pendidikan dan pengajaran dikalangan dosen dan mahasiswa sehingga karya - karya ilmiah yang dihasilkan lebih berbobot dan sesuai dengan tema terkini. Tujuan keempat: memberikan tips - tips bagaimana submit artikel di E-Journal Emerald agar hasil karya penelitian dosen dan mahasiswa bisa terpublish di jurnal internasional. Sebagai informasi bahwa pedoman penggunaan E-Journal Emerald juga sudah kami informasikan di web perpustakaan UMB”, tambah Arif.

Jika anda ingin menyimak kegiatan ini bisa klik di Youtube Perpustakaan UMB: https://www.youtube.com/watch?v=bMhRZVYa8HA