ID   EN

Foto Sertifikat Akreditasi Perpustakaan UMB Tahun 2024

Universitas Mercu Buana mengumumkan pencapaian dalam dunia akademik dengan meraih nilai Akreditasi A yang merupakan peringkat tertinggi untuk Perpustakaan Perguruan Tinggi setelah sebelumnya Tim Asesor Perpustakaan Nasional RI melakukan visitasi lapangan untuk Akreditasi Perpustakaan pada Rabu tanggal 3 April 2024 di Perpustakaan Universitas Mercu Buana (UMB). Tim asesor terdiri asesor dari Perpusnas RI yaitu Bapak Renda Khris Ardhi Artha, S.Sos.,M.Si.dan didampingi oleh asesor pendamping dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi DKI Jakarta yaitu Ibu Penny Librayanti, M.Si., untuk melakukan visitasi penilaian akreditasi ke Perpustakaan UMB. Agenda pada kegiatan visitasi tersebut dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi tur dan peninjauan Perpustakaan UMB dan dilanjutkan dengan sesi konfirmasi dan pengecekan dokumen yang dilanjutkan dengan wawancara di ruang akreditasi di Gedung E Lantai 1.

Rangkaian akreditasi dimulai dengan sesi tur atau peninjauan langsung tim asesor ke Perpustakaan UMB untuk melihat dan mengamati seluruh ruangan dan fasilitas yang ada di perpustakaan mulai dari ruang koleksi, ruang baca, ruang komputer, dan ruangan-ruangan lainnya baik di lantai 5 maupun lantai 6 perpustakaan. Sesi peninjauan di akhiri dengan sesi foto bersama tim asesor dan para Pustakawan UMB.

Foto Peninjauan Asesor ke Perpustakaan UMB

Foto Bersama Asesor dan Pustakawan di Perpustakaan UMB

Rangkaian akreditasi dilanjutkan dengan penyambutan tim asesor oleh Rektor UMB, Prof. Dr. Ir. Andi Adriansyah, M.Eng yang dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan akreditasi. Tim asesor dari Perpusnas RI yang ditugaskan dan memberi sambutan yaitu Bapak Renda Khris Ardhi Artha, S.Sos.,M.Si. Acara pembukaan akreditasi juga di hadiri dan memberikan sambutan perwakilan dari Dispusip DKI Bapak Arif Fadillah, S.S., M.Si.

Foto Sambutan Rektor UMB

Foto Sambutan Dari Asesor

Foto Sambutan Dari Dispusip

Acara penyambutan dan pembukaan akreditasi oleh Rektor UMB diakhiri dengan foto bersama tim asesor, Rektor UMB dan Pustakawan UMB.

Foto Bersama Rektor, Asesor dan Pustakawan.

Kegiatan akreditasi dilanjutkan dengan diskusi dan wawancara tim asesor dengan panitia akreditasi yaitu para pustakawan Perpustakan UMB yang diwakili oleh Muhammad Arif Budiyanto, S.Kom., M.Hum., Kepala Biro Perpustakaan UMB.

Foto Wawancara Akreditasi.

Setelah rangkaian visitasi dilaksanakan oleh asesor disampaikan hasil akreditasi dan penandatanganan berita acara bersama oleh asesor dan Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Ristek UMB Dr. Erna Setiany, SE., M.Si. Dilanjutkan dengan penyerahan berita acara akreditasi dari asesor ke Warek UMB. Hasil penilaian akreditasi menunjukkan bahwa Perpustakaan UMB berhasil mempertahakan akreditasi A yang telah dicapai pada periode sebelumnya. Secara khusus asesor memberikan penghargaan atas kinerja dan dedikasi yang luar biasa kepada para pustakawan Perpustakaan UMB atas pencapaian akreditasinya.

Foto Penyerahan Berita Acara Dari Tim Asesor Kepada Warek UMB.

Pencapaian ini menegaskan komitmen Perpustakaan UMB terhadap penyediaan sumber belajar berkualitas tinggi serta infrastruktur pendidikan yang memadai untuk para civitas akademika dan merupakan bukti nyata dari standarisasi layanan, manajemen koleksi, hingga pengembangan perpustakaan yang telah memenuhi kriteria Instrumen Akreditasi Perpustakaan Nasional. "Saya sangat bangga dan mengucapkan selamat kepada tim pustakawan yang telah bekerja keras memastikan perpustakaan kita memenuhi standar tertinggi dan mendapatkan akreditasi A di Perpusnas," ujar Dr. Erna Setiany, SE., M.Si., saat memberikan apresiasinya, tak lupa beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim asesor yang telah melakukan asesmen dan memberikan beberapa masukkan dan saran untuk Perpustakaan UMB agar lebih bak lagi kedepan. Acara dilanjutkan dengan pemberian plakat oleh Warek ke asesor dan foto bersama.

Foto Penyerahan Plakat ke Asesor

Foto Bersama Bu Warek, Tim Asesor dan Pustakawan.

Arif menambahkan, ”Alhamdulillah sudah 3 kali Perpustakaan UMB terakreditasi A, akreditasi ini meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pengguna perpustakaan, dan akan terus mendorong kita untuk berinovasi serta meningkatkan kualitas layanan”. Arif juga menambahkan bahwa hasil akreditasi ini merupakan kerja keras semua Pustakawan UMB, apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk semua staf dan unit di UMB yang telah mendukung dan support akreditasi Perpustakaan UMB.

Dengan pencapaian ini, Universitas Mercu Buana menegaskan posisinya sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya unggul dalam kualitas pengajaran dan penelitian, tetapi juga dalam fasilitas pendukung yang mendukung keberhasilan mahasiswa dan akademisi. Pengakuan ini bukan hanya pencapaian, tetapi juga batu loncatan untuk terus berupaya meningkatkan standar pendidikan tinggi di Indonesia. Sekali lagi, selamat kepada Perpustakaan UMB atas pencapaian mendapat akreditasi A.